5 Tips Jitu Membeli Mobil Bekas Supaya Tidak Tertipu

Tips Membeli Mobil Bekas – Anda seorang karyawan yang berkeinginan punya kendaraan beroda empat baru namun keuangan belum mensupport? Mohon jangan bersedih. Salah satu opsinya yakni membeli kendaraan beroda empat bekas.

Memang adakalanya banyak isu yang beredar jikalau mobil bekas itu pesat rusak. Malahan ada pembeli yang tak beruntung; baru beli tetapi sepatutnya mengeluarkan biaya sampai jutaan rupiah untuk perawatan atau ganti mesin.

Tapi, jangan dahulu mengamati sebelah mata kepada mobil bekas. Teliti sebelum membeli yaitu kuncinya. Bila Anda membeli dengan teliti, Anda akan menerima mobil bekas berkwalitas.

Untuk menolong Anda memilih mobil seperti itu, berikut 10 tips membeli mobil bekas yang perlu Anda ketahui : https://otomonesia.com/1268/tips-membeli-mobil-bekas/

tips membeli mobil bekas

1. Gali Informasi Bagus Online Ataupun Offline

Hal pertama yang sepatutnya Anda lakukan yaitu mencari informasi seputar mobil bekas, bagus secara online ataupun offline. Banyak laman jual mobil bekas yang menyediakan informasi berbagai merk, harga, tahun dan spesifikasinya, semisal OLX, Mobil123, dan Otosia.

Membaca majalah otomotif dan berbicara dengan mekanik atau teman yang mengerti seputar mobil juga dapat menjadi bagian dari riset. Cari tahu harga, tahun, dan spesifikasi mobil yang Anda inginkan.

Catat dan pelajari informasi tersebut sehingga memudahkan Anda ketika mengamati mobil secara lantas. Pengetahuan ini dapat menolong Anda mengambil keputusan yang pas untuk memilih mobil second berkwalitas.

2. Beli dari Orang Pertama

Orang pertama yaitu pemilik mobil tersebut. Daripada membeli mobil bekas dari dealer, showroom atau makelar, sebaiknya Anda mencari mobil yang dipasarkan oleh pemiliknya.

Membeli dari showroom memang menyediakan banyak opsi, tetapi Anda tidak dapat menggali informasi seputar latar belakang mobil lantas dari pemiliknya.

Kecuali itu, membeli lantas dari pemiliknya membikin harga menjadi lebih murah. Dalam hal ini, pembeli dan penjual bertransaksi secara lantas tanpa adanya pembagian kepada pihak ketiga seperti makelar atau showroom.

3. Cari Tahu Latar Belakang Mobil

Latar belakang mobil yaitu hal yang perlu Anda perhatikan sebelum memastikan membeli sebuah mobil bekas. Bila Anda berjumpa dengan pemilik mobil secara lantas, hal ini akan memudahkan Anda untuk mencari tahu latar belakang mobil.

4. Cek Bodi Mobil

Sebelumnya, mintalah ijin kepada pemilik mobil untuk memeriksa kendaraannya. Dengan melakukan cek jasmaniah, Anda akan lantas mengetahui kejujuran si pemilik mobil.

Observasi kondisi cat mobil, apakah masih mulus atau ada spot-spot karat, goresan, penyok, atau bekas tambalan. Observasi tiap-tiap terperinci bodi mobil tersebut, dari depan sampai belakang, dari atas sampai bawah, dari kanan ke kiri.

Observasi pula plafon (bagian atas mobil). Plafon yang masih bagus yaitu yang masih tebal karena akan melindungi temperatur udara di dalam mobil terlebih pada siang hari.

Kecuali itu, perhatikan keempat ban, apakah masih bagus atau sudah mulai aus. Bila ada yang menipis, tentu Anda sepatutnya mengeluarkan uang lagi untuk menggantinya.

5. Periksa Mesin Mobil

Sesudah Anda puas mengamati-lihat bagian luar mobil, saatnya Anda memeriksa mesin mobil. Tentu langkah ini yang menjadi bagian tersulit sekiranya Anda belum mengerti seputar otomotif dan properti utama yang sepatutnya ada di dalam mobil.

Bila Anda merasa ragu, mintalah seorang mekanik atau teman yang mengerti untuk menolong Anda memeriksa mesin mobil.

Periksalah bagian dalam kap mesin seperti selang-selang dan pastikan seluruh bebas dari kebocoran dan korosi. Buka tutup oli mesin dan periksa apakah ada bekas buih yang membuktikan kebocoran.

Sesudah itu, angkat tongkat pengukur oli transmisi dan pastikan warna oli merah atau merah jambu serta oli dalam kondisi penuh.

Dengan mengetahui tips di atas, Anda sudah melengkapi diri Anda dengan pengetahuan sebelum memilih mobil bekas berkwalitas. Ingat, jangan tergiur dengan mobil bekas dengan harga yang dibanting semurah-murahnya karena berisiko tinggi di kemudian hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *