Cara Membuat Bakso Rumahan

Cara Membuat Bakso Rumahan – Bakso adalah salah satu makanan yang disukai oleh berbagai kalangan masyarakat indonesia, bahkan bisa dikatakan semua orang menyukai bakso.

Karena banyak masyarakat yang menyukai bakso, maka Anda dapat menemukan banyaknya penjual bakso di kota-kota, baik itu kota besar, kota kecil hingga pelosok desa.

Dalam penyajiannya, bakso umumnya disajikan panas-panas dengan kuah kaldu sapi bening, dicampur mi, taoge, bihun, tahu, terkadang telur dan ditaburi bawang goreng dan seledri.

Bakso sangat populer dan dapat ditemukan di berbagai daerah Indonesia, dari gerobak pedagang kaki lima hingga restoran besar.

Selain membeli bakso diwarung atau di supermarket terdekat anda juga bisa membuat bakso sendiri dirumah. Yang pasti kesehatannya terjamin kualitasnya karena bakso dibuat oleh anda sendiri.

Cara Membuat Bakso Rumahan

Bahan Dalam Cara Membuat Bakso Rumahan :

  • 250 Gram Daging Sapi Yang Sudah Digiling Dagingnya Sampai Halus.
  • 125 Gram Tepung Tapioka.
  • 1 Sdt Merica Bubuk.
  • 25 cc Air.
  • 1 Sdt Garam.
  • 2 Siung Bawang Putih Yang Sudah Haluskan.
  • Air Untuk Merebus Bakso.

Langkah Dan Cara Membuat Bakso Rumahan :

  1. Campur daging sapi giling dengan tepung kanji, garam, bawang putih, dan merica bubuk, uleni sambil ditambah air sedikit-sedikit sampai adonan rata .
  2. Didihkan air yang agak banyak, lalu kecilkan api sampai air tidak bergolak .
  3. Letakkan adonan bakso pada satu tangan, kepalkan tangan hingga adonan bakso keluar di antara jari jempol dan telunjuk, lepaskan dengan bantuan sendok lalu masukkan bulatan bakso ke dalam rebusan air.
  4. Rebus dengan api kecil selama 10 menit sampai bakso mengapung, jaga air jangan sampai mendidih dan bergolak lagi agar bakso tidak pecah. Angkat dan tiriskan.

Tips Cara Membuat Bakso Rumahan

  1. Setelah membuat satu bulatan bakso, masukkan ke dalam air panas yang tidak mendidih dan api tidak menyala. Setelah proses selesai, baru direbus dengan api kecil hingga bakso mengapung.
  2. Jika akan disimpan atau tidak langsung diolah atau dimakan, siram dengan air dingin dan tiriskan kembali. Simpan dalam wadah yang tertutup.
  3. Jangan langsung memasukkan bulatan bakso ke dalam air mendidih. Hal ini dapat menyebabkan permukaan bakso menjadi keriput dan beresiko pecah akibat suhu air yang terlalu tinggi.

Cara Membuat Bakso Rumahan

Ingat, kamu sendiri bisa menjadikan bakso sebagai usaha yang sangat menjanjikan jika kamu mau membuat konsep usaha bakso yang beda.

Apa tuh konsepnya?

Konsepnya adalah kamu harus mengkombinasikan usaha kamu dengan hal unik agar konsumen lebih tertarik dengan usaha kamu, contohnya Es Krim.

Untuk itu kamu perlu mempersiapkan peralatan untuk membuat Es Krim yang lezat dan segar, peralatan tersebut adalah Mesin Es Krim.

Dan untuk meningkatkan nilai daya tariknya lagi, anda bisa menggunakan Mesin Cup Sealer untuk mengemasnya dengan kemasan cup yang menarik.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *